Handi Irawan D.

Handi Irawan D. (lahir di Solo, Jawa Tengah, 1 April 1964) adalah seorang pengusaha dan salah satu pakar pemasaran, strategi dan digital terkemuka di Indonesia. 

Ia lebih dikenal sebagai CEO & Founder Frontier Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Riset, Pemasaran, Teknologi dan Digital. Selain itu, Handi Irawan D. juga merupakan inisiator hari-hari penting di Indonesia.

Handi Irawan

Kiprah Bersama Frontier Group

Kiprah Bersama Frontier Group

Di tahun 1996, Handi Irawan D. mendirikan Frontier Consulting Group, sebuah perusahaan di bidang pemasaran dan riset pemasaran.

Seiring dengan perkembangan perusahaan yang kian maju, Frontier Consulting Group kemudian bertransformasi menjadi Frontier Group yang berfokus tidak hanya di bidang Riset dan Pemasaran, tapi juga Teknologi dan Digital.

Kini, Frontier Group telah memiliki 7 divisi, yaitu:

1. Frontier Research yang berpengalaman selama lebih dari 20 tahun dalam melayani ribuan perusahaan di Indonesia dan luar negeri dengan hasil riset yang tajam & kredibel.

2. Frontier Technology Netcore dengan produk email & marketing automation yang melayani Tokopedia, Traveloka, Blibli, BRI, BNI dan ratusan perusahaan E-Commerce dan digital.

3. Frontier Digital yang menghadirkan berbagai platform digital seperti Digital One, Ascope & Spradz!.

4. Frontier Media & Event yang terkenal melalui Majalah MARKETING sebagai majalah terbaik dengan pokok bahasan pemasaran di Indonesia.

5. Frontier Education yang berfokus pada pelatihan dan pembekalan ilmu serta tren pemasaran yang dilakukan oleh para ahli.

6. Frontier Capital yang telah berinvestasi di beberapa perusahaan startup seperti GiladiskonAINOPomonaLakuemas dan berafiliasi dengan Venture Capital Everhäus.

7. Carre Service Quality Monitoring yang bergerak di bidang peningkatan kualitas layanan perusahaan.

Pendidikan

Handi Irawan D. adalah alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan jurusan Food Technology yang lulus pada tahun 1987.

Ia kemudian meraih gelar MBA di IPMI Business School pada tahun 1990.

Di tahun 1991, Handi Irawan melanjutkan studi ke University of New South Wales dengan jurusan marketing dan meraih gelar Master of Commerce in Marketing pada 1993. Setelahnya, ia mengikuti program doctoral selama 2 tahun.

Di tahun 2006, ia juga mengikuti Executive Program di Harvard Business School dan Kellogg School of Management.

Pada tahun 2012, Handi Irawan mendapatkan penghargaan dari pemerintah Australia, yaitu Australian Alumni Award di bidang entrepreneurship.

Inisiator berbagai penghargaan dan hari penting

Handi Irawan D. adalah sosok di balik penghargaan-penghargaan bergengsi baik bagi perusahaan maupun individu. Sebut saja Top Brand Award, Service Quality Award, Corporate Image Award serta Indonesian Customer Satisfaction Award. Ia juga menginisiasi berbagai hari penting di Indonesia seperti Hari Pelanggan Nasional, Hari Marketing Indonesia, Hari Media Sosial dan Hari Inovasi.