Follow us on the social network

Twitter Handi irawan Facebook Handi irawan Linkedin Handi irawan Rss feed Handi irawan

Sepuluh Pertimbangan Iklan Melalui Media Bergerak

Friday, 17 April 2009

Di Indonesia, mobile advertising atau iklan melalui media bergerak merupakan sesuatu yang baru. Perusahaan Exelcomindo telah memulai mengirimkan iklan dari salah satu restaurant cepat saji melalui XL Promo. Telkomsel mengeluarkan produk baru bernama kartu As Fresh untuk meningkatkan peran sebagai perusahaan telekomunikasi di dunia periklanan. Salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia menggunakan media bergerak untuk melakukan promosi ke nasabahnya melalui Telkom.

Penetrasi telepon selular (Cellular) dan bergerak terbatas (FWA) di Indonesia telah mencapai 63,4 %.  Dengian penetrasi 63,4%, tentu, industri telekomunikasi sangat menjanjikan dalam hal keakuratan target yang disasar dan karakteristik demografi target pasar. Agar supaya peranan industri telekomunikasi dapat lebih menjanjikan, ada 10 tip yang harus diperhatikan dalam beriklan melalui peralatan bergerak.

1.

Privasi Pelanggan

Privasi pelanggan merupakan sebuah isu dalam dunia pemasaran tapi dengan meningkatnya transaksi komersial berbasis internet telah membawa sebuah perubahan berarti. Pelanggan menganggap telepon bergerak adalah sesuatu yang bersifat sangat pribadi. Pelanggan telepon bergerak sangat sensitive terhadap pesan yang diterima dari organisasi atau seseorang yang tidak dikenal. Dari sisi pelanggan, invasi terhadap privasi merupakan sebuah pelanggaran dan ini bisa menjadi hambatan bagi kesuksesan iklan melalui media bergerak.

2.

Manfaat bagi pelanggan

Pelanggan secara sadar memilih dan menggunakan media dan content tertentu untuk memuaskan sebuah maksud tertentu. Berdasarkan pendekatan ini, ikan melalui media bergerak hanya akan diterima oleh pelanggan jika dipersepsikan sebagai sebuah peluang untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi, pengetahuan dan diterima secara luas. Sehingga, pelanggan harus disediakan berbagai pilihan tentang informasi yang mampu memenuhi kebutuhan mereka.

3.

Respon pelanggan

Berhati-hatilah dengan respon pelanggan terhadap pesan yang tidak mereka inginkan. Pelanggan akan menganggap sebuah iklan sebagai sesuatu yang tidak diinginkan dan menganggu ketika pengiklan menggunakan teknik yang menjengkelkan, membingungkan, berbau SARA, pelecehan, atau kental dengan manipulasi.

4.

Isi Pesan

Iklan melalui media bergerak sangat bergantung dari karakteristik pesan sehingga perlu kehati-hatian dalam merancangnya. Seperti pada media lainnya, isi merupakan sesuatu yang krusial. Isi adalah sebuah faktor kunci dalam menciptakan sebuah layanan yang menarik bagi pelanggan apalagi dengan keterbatasan layar baca.

5.

Kredibilitas Pesan

Kredibilitas iklan diartikan sebagai persepsi pelanggan terhadap kebenaran dan kepercayaan terhadap iklan. Membangun kepercayaan adalah sebuah proses yang rumit yang melibatkan teknologi dan bisnis praktis, tetapi membangun kepercayaan adalah sesuatu yang krusial untuk pertumbuhan dan kesuksesan iklan melalui media bergerak. Kredibilitas dipengaruhi oleh faktor yang berbeda seperti kredibilitas perusahaan dan pesan yang diusung.

6.

Penyesuaian Pesan dengan Target

Berbagai kajian telah membuktikan bahwa perancangan pesan yang spesifik akan membawa kesuksesan. Penyesuaian pesan secara umum berarti memahami perbedaan pililhan pelanggan, kebutuhan, latar belakang, gaya hidup, dan budaya demikian juga dengan perbedaan geografis.

7.

Peralatan Penghubung

Ada berbagai jenis peralatan penghubung yang berbeda seperti format tampilan dan warna, yang menyebabkan keterbatasan desain. Smart phones dan PDA lebih sesuai untuk tujuan iklan melalui media bergerak dimana memiliki layar yang lebar, kapasitas penyimpanan yang besar, dan memiliki layar sentuh.

8.

Kebijakan Media

Setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu perlindungan data, ada tidaknya permission-based untuk komunikasi komersial, data lokasi, kontrak online, informasi yang dibutuhkan, dan kode etik industri. Di Indonesia perlindungan terhadap data pelanggan belum begitu jelas meskipun kita sudah  memiliki UU ITE (informasi dan transaksi elektronik) dan UU Perlindungan Konsumen.

9.

Proses Media

Kami memandang iklan melalui media bergerak sebagai sebuah proses empat tahap yaitu keputusan strategi kampanye, perancangan berdasarkan merek, akses data untuk memilih target pelanggan, dan membuat pesan interaktif, informative, dan menghibur.

10.

Pengukuran

Setiap aktivitas tentu memerlukan evaluasi yang jelas. Pengukuran kesuksesan iklan melalui media bergerak dapat dibedakan berdasarkan:

SMS; jumlah sms yang terkirim, jumlah yang tidak terkirim, jumlah pesan yang direspon-dimana promosi dilakukan melalui sms, pengukuran dapat menunjukkan sejumlah content yang terbeli.

MMS; jumlah pesan yang terkirim, jumlah yang tidak terkirim, jumlah yang direspon, jumlah pesan yang dibuka melalui klik.

WAP Push; jumlah yang terkirim, jumlah yang tidak terkirim, jumlah klik.

 

Go Back | On Top

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Articles Category

 

Email Subscriptions

Dapatkan Artikel Terbaru Handi irawan D.
Silakan Masukan Email Anda :

Delivered by FeedBurner

 

Popular Articles

Karakter dan Perilaku Khas Konsumen Indonesia
Tuesday, 29 May 2007 - The Uniqueness of Indonesian Consumer

Customer Value
Wednesday, 26 Mar 2008 - Uncategorized

Integrated Marketing Communication
Tuesday, 28 Oct 2008 - Uncategorized

Buatan Luar Negeri dong
Monday, 04 Jun 2007 - The Uniqueness of Indonesian Consumer

Baidu Vs Google
Monday, 03 Oct 2011 - Uncategorized