Follow us on the social network

Twitter Handi irawan Facebook Handi irawan Linkedin Handi irawan Rss feed Handi irawan

DM, Seberapa Besar Peranmu?

Monday, 10 October 2011

Karena kuatir dianggap ketingggalan, Perusahaan-perusahaan di Indonesia mulai gencar menggunakan berbagai digital tool, mulai dari facebook, twitter, blog, Youtube, website dan tool-tool lainnya. Paling tidak, mereka merasa tidak ketinggalan. Yang agak janggal adalah perusahaan-perusahaan ini, banyak menciptakan awareness dari digital toolnya melalui media konvensional.

Lihat saja iklan di media televisi, cetak atau media luar ruang yang banyak mencantumkan berbagai akun social media. Terutama untuk produk-produk makanan/minuman dan berbagai produk perawatan pribadi, saya lihat, sudah sekitar 50% dari iklan tv komersialnya sudah mencantumkan akun facebook atau twitter mereka. Ini memang logika yang terbalik. Digital marketing seharusnya memiliki mindset yang berbeda. Ini adalah horizontal media dimana seharusnya konsumen atau user yang melakukan pengisian konten. Tapi perusahaan, justru masih menggunakan pola push dimana pemilik merek masih memiliki keyakinan untuk mampu mengontrol digital media.

 

Fenomena seperti ini, memang alami terjadi. Terbukti juga terjadi di banyak negara pada saat digital marketing masih baru memasuki tahap awal. Media konvensional masih memiliki kekuatan besar. Di saat yang bersama, perusahaan masih ragu-ragu akan kekuatan media digital. Maklum, belum ada bukti bahwa sebuah merek menjadi besar dan kuat karena kekuatan digital marketing atau digital media pada khususnya.

Benarkah demikian? Inilah pertanyaan besar yang sering saya pikirkan untuk mendapatkan jawabannya! Sebuah pertanyaan yang terus dilontarkan oleh banyak pemilik merek di Indonesia. Saya pribadi, selama 3 tahun terakhir ini, sudah mendapatkan pertanyaan sederhana ini puluhan kali atau mungkin mendekati 100 kali. Benarkah digital marketing sudah memiliki peran besar untuk membangun merek? Adakah contoh merek di Indonesia yang sukses dibangun dari digital marketing?

Go Back | On Top

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Articles Category

 

Email Subscriptions

Dapatkan Artikel Terbaru Handi irawan D.
Silakan Masukan Email Anda :

Delivered by FeedBurner

 

Popular Articles

Karakter dan Perilaku Khas Konsumen Indonesia
Tuesday, 29 May 2007 - The Uniqueness of Indonesian Consumer

Customer Value
Wednesday, 26 Mar 2008 - Uncategorized

Integrated Marketing Communication
Tuesday, 28 Oct 2008 - Uncategorized

Buatan Luar Negeri dong
Monday, 04 Jun 2007 - The Uniqueness of Indonesian Consumer

Baidu Vs Google
Monday, 03 Oct 2011 - Uncategorized