Follow us on the social network

Twitter Handi irawan Facebook Handi irawan Linkedin Handi irawan Rss feed Handi irawan

Chinnovation : 8 R

Monday, 05 December 2011

Kemajuan China karena semangat entrepreneurship-nya sudah menjadi pernyataan umum. Jutaan entrepreneur di China inilah yang dengan gigih membuat pertumbuhan tinggi di negara ini. Mereka sanggup bersaing dengan pemain-pemain global yang masuk ke China.

Keunggulan yang nyata dari mereka, bukan saja terletak dari kerja keras dan pantang menyerah, tetapi juga pemahaman mereka terhadap pasar domestik yang sangat baik. Apakah hanya ini? Sudah pasti, ada sesuatu yang lebih besar sehingga membuat perusahaan-perusahaan China yang dimulai dari nol ini kemudian menjadi besar. Bahkan diantara mereka, sudah menjadi pemain global. Sekitar 50 perusahaan di China yang saat ini sudah tercatat di bursa Amerika NASDAQ. Perusahaan-perusahaan China, terbukti melakukan inovasi. Inovasi inilah yang membuat mereka bertahan, bertumbuh dan bahkan mampu menjadi pemenang.

Di dekade sebelumnya, banyak pengamat China yang skeptik terhadap inovasi dari perusahaan-perusahaan China. Mereka dianggap sebagai imitator dan tidak melakukan inovasi untuk masa depan. Anggapan atau persepsi seperti ini, kemudian mulai bergeser setelah melihat apa yang terjadi dengan perusahaan-perusahaan China yang mulai mendunia. Proses inovasi di China yang semula seperti misteri, mulai terungkap. Bahkan, proses inovasi di China yang memang tidak terjadi di negara-negara lain, dianggap sebagai sebuah perjalanan yang unik.

Yinglan Tan memperkenalkan proses inovasi di China dengan sebutan Chinnovation. Perusahaan-perusahaan China yang kemudian menjadi besar ini, melakukan inovasi yang relatif berbeda dengan perusahaan global lainnya yang lahir di negara Amerika, Eropa atau Jepang. Chinnovation merupakan label yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan China yang sudah mengadopsi teknologi dan strategi bisnis mereka yang keluar dari sekedar memanfaatkan keunggulan produksi. Mereka melakukan proses bisnis yang lebih baik untuk menciptakan nilai tambah bagi pelanggan dan perusahaannya.

 

8 R

Chinnovation memiliki 8 karakteristik dalam proses inovasi dan pertumbuhan perusahaannya untuk menjadi perusahaan besar. Yang pertama adalah Revenue. Berbeda dengan perusahaan-perusahaan Barat, perusahaan-perusahaan China ini sangat mementingkan revenue atau omzet. Maklum, mentalitas sebagai pedagang, masih melekat. Mereka tidak mau investasi dalam suatu perusahaan yang pasarnya tidak jelas memberikan revenue. Mereka tidak memiliki kesabaran seperti Google atau Facebook yang baru untung setelah lebih dari 5 tahun. Misalnya, QQ, salah satu media sosial di China, membukukan penjualan dalam waktu singkat dan sudah mencetak keuntungan kurang dari 3 tahun sejak didirikan.

R kedua adalah Rapidity atau kecepatan. Ini yang sungguh mengagumkan dan sulit ditiru. Mereka bergerak dengan kecepatan yang tinggi untuk menangkap peluang bisnis. Bahkan, sebuah perusahaan bisa masuk bursa NASDAQ hanya dalam waktu kurang dari 2 tahun sejak didirikan.

Perusahaan-perusahaan China juga berorientasi terhadap pelanggan. Mereka memberikan Requirement atau apa yang diminta oleh pasar. Walau mereka umumnya memiliki basis yang kuat dalam produksi, tetapi cepat melakukan perubahan untuk menyesuaikan apa yang diminta oleh pasar. Karakteristik Chinnovation yang keempat adalah Reproduction. Tidak mengherankan, banyak produk-produk kelas dunia yang cepat ditiru oleh perusahaan-perusahaan di China. Sebuah model tas yang baru dari Eropa, mereka bisa tiru dalam waktu kurang dari 1 bulan.

China penuh dengan para entrepreneur, Tidak mengherankan, Rival selalu cepat muncul. Siapapun, tidak dibiarkan sendirian. Ada saja perusahaan yang kemudian meniru dan mencontoh innovator. Akhirnya, semuanya ini memberikan semangat kompetisi yang sangat tinggi. Karakteristik keenam adalah Restriction. Kita tahu, bahwa China banyak memberikan regulasi yang membuat pemain global untuk tidak leluasa. Tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan terhadap pemain-pemain dometiknya. Contoh yang nyata adalah kasus Google dan Facebook. Regulasi sensor yang ketat ini, membuat Google hengkang dari China dan Facebook tidak bisa masuk ke China.

Remixing adalah karakter Chinnovation yang ketujuh, Perusahaan-perusahaan China, pandai untuk meramu dan mengkombinasikan fitur-fitur yang sudah ada. Mereka mengolah dari banyak ide-ide yang sudah berhasil. Terakhir dan memang masih penting adalah Raw Material. Dengan kekayaaan alam , populasi yang besar serta intelektualitas yang tinggi, mereka sanggup membesarkan perusahaannya dalam waktu yang lebih cepat dan bertahan.

Mudah-mudahan, kalau di China ditemukan Chinnovation, Indonesia suatu saat kelak memiliki proses inovasi Indonovation. Kita tunggu semakin banyak perusahaan-perusahaan lokal yang semakin maju dan kemudian mengglobal. Untuk kali ini, kita bisa belajar terlebih dahulu dari Chinnovation. Semoga terinspirasi.

Go Back | On Top

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Articles Category

 

Email Subscriptions

Dapatkan Artikel Terbaru Handi irawan D.
Silakan Masukan Email Anda :

Delivered by FeedBurner

 

Popular Articles

Karakter dan Perilaku Khas Konsumen Indonesia
Tuesday, 29 May 2007 - The Uniqueness of Indonesian Consumer

Customer Value
Wednesday, 26 Mar 2008 - Uncategorized

Integrated Marketing Communication
Tuesday, 28 Oct 2008 - Uncategorized

Buatan Luar Negeri dong
Monday, 04 Jun 2007 - The Uniqueness of Indonesian Consumer

Baidu Vs Google
Monday, 03 Oct 2011 - Uncategorized